Daftar Blog Saya

Selasa, 18 Mei 2010

Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Kalian pasti tau kalau rasa P-D itu perlu, karena tanpa rasa P-D kita tidak bisa bergaul, berinteraksi dan sebagainya. Terkadang banyak di antara manusia terutama saya sendiri sedikit susah untuk menumbuhkan atau menambah rasa kepercayaan dalam diri, mungkin terdengar mudah untuk menumbuhkan rasa kepercayaan itu. Tapi nyatanya kita terkadang malu-malu jika di suruh melakukan sesuatu atau bersosialisasi di hadapan orang banyak.

Saya akan memberikan beberapa cara atau tips untuk meraih atau menumbuhkan rasa kepercayaan diri kita:

1. Pikirkan secara rinci tentang waktu/tempat/situasi dimana kamu ingin merasa percaya diri. Ingat 'percaya diri' tidak memiliki arti apa-apa hingga kamu melekatkannya dalam sesuatu yang spesifik.

2. Mulai fokuskan dengan kata-kata yang tepat dalam pikiranmu, tentang gambaran bagaimana kamu ingin bersikap di waktu dan tempat yang kamu inginkan. Mungkin kata-kata semacam, 'Tenang, rileks atau fokus' dapat berguna bagi kamu. Ingat, otak kita bekerja dalam penjelasan positif.

3. Tutup mata selama yang kamu inginkan, dan resapi bagaimana pengaruh kata-kata itu pada diri kamu. Lalu, bayangkan situasi itu dan latih dalam pikiran kamu aliran rasa percaya diri dan pikiran rileks. Cara ini berguna untuk membuat cetak biru atau 'tugas' bagi pikiran bawah sadar kamu.
 

kamu dapat mengulangi latihan ini sesering mungkin agar membuatnya lebih efektif, dan gunakan pada beberapa area dalam kehidupan kamu yang membutuhkan rasa percaya diri lebih.



Tapi jangan lupa juga mengharap pertolong dari Tuhan, jika kalau cara tersebut kurang efisien.


Jadi, jika kamu merasa dikaruniai lebih sedikit rasa percaya diri dari pada orang lain, kamu dapat memulai merancang keseimbangan dengan menggunakan alat alami yang paling luar biasa dalam diri kamu sendiri, yaitu pikiran.

0 komentar:

Posting Komentar